http://portal.solokcerdas.com

Polling

Bagaimanakah Menurut Anda Tentang Situs E-Learning SolokCerdas.Com

Lihat hasil polling  

Statistik

Anda Pengunjung ke 6 Hari ini
Dari Total 7848 Pengunjung

Link Terkait



Detail Berita

Launching Pelatihan Program BOS untuk Transparansi dan Akuntabilitas di Sekolah

(21 April 2009, 08:56:22)
image

Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah menggelar acara launching pelatihan program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam rangka pendidikan gratis di gedung A Depdiknas, Kamis (16/04/2009).

Acara ini dhadiri oleh Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo, Dirjen Mandikdasmen Suyanto, pejabat dilingkungan Ditjen Mandikdasmen, perwakilan Bank Dunia, perwakilan kedutaan Belanda dan peserta pelatihan program BOS.

Dirjen Mandikdasmen, Prof. Suyanto, PhD. pada sambutannya mengatakan bahwa program BOS adalah program pemerintah Indonesia yang telah dimulai sejak tahun 2005 sampai sekarang, program BOS selalu mengalami perbaikan dan penyempurnaan, dalam bentuk peningkatan biaya satuan maupun penyempurnaan implementasinya.

Khususnya pada tahun 2009, program BOS mengalami banyak perubahan antara lain menyangkut kebijakan pendidikan gratis, kenaikan biaya satuan, program buku murah dan mekanisme transparansi di tingkat sekolah.

Biaya satuan BOS yang diterima oleh sekolah tahun anggaran 2009 meningkat sekitar 50% dibandingkan tahun 2008. Dana BOS untuk SD di Kabupaten sebesar RP. 397.000,-/siswa/tahun, SD di kota sebesar RP. 400.000,-/siswa/tahun. Sehinga total dana BOS untuk SD dan SMP secara nasional sebesar Rp. 16 Triliun lebih. Sampai hari ini, sudah ada 13 propinsi yang telah menyalurkan dana BOS ke sekolah sampai dengan bulan Juni 2009.

Sebagai salah satu untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas di tingkat sekolah adalah harus diadakan pelatihan BOS kepada seluruh sekolah dan sebagian masyarakat. Pemerintah Belanda telah memberikan hibah kepada pemerintah Indonesia sebesar US$ 8,5 juta untuk melaksanakan pelatihan. Sosialisasi kepada seluruh sekolah dan masyarakat, serta mengiklankan daftar seluruh sekolah penerima BOS dan besar dana yang diterimanya di Koran nasional dan local.

Tujuan dari kegiatan pelatihan ini yaitu untuk: 1)Memberikan pemahaman mengenai program BOS di tingkat pusat, propinsi, kab/kota, sekolah dan masyarakat, 2)Membantu sekolah dalam membuat perencanaan sekolah, anggaran dan laporan sekolah secara integrasi, dan melaksanakan program secara efisien dan cepat, 3)Membantu orang tua dan masyarakat dalam melakukan pengawasan secara intensif terhadap penggunaan dana BOS, 4)Memperkuat keterlibatan orang tua dan masyarakat dalam pengambilan keputusan, transparansi, akuntabilitas dan efisiensi penggunaan dana BOS.

Dalam pelatihan ini, dari setiap sekolah akan diundang 3 orang, yaitu kepala sekolah, bendahara sekolah dan ketua komite sekolah. Sedangkan dari unsur masyarakat diluar sekolah akan diundang sebanyak 15 orang per kecamatan. Selain dari unsur sekolah dan masyarakat, juga akan dilakukan sosialisasi program BOS di Tingkat pusat, propinsi dan kabupaten/kota. Diperkirakan akan ada sekitar 650.000 orang yang akan mengikuti pelatihan /sosialisasi BOS tahun 2009.

Untuk mencapai tujuan pelatihan tersebut, Tim Manajemen BOS Pusat akan mempersiapkan Tim Pelatih Pusat, Tim Pelatih Propinsi dan Tim Pelatih Kabupaten/Kota. Ada sebanyak 285 orang Tim Pelatih Propinsi yang akan dilatih selama 3 hari dan 2.798 orang Tim Pelatih Kabupaten/Kota yang akan dilatih selama 2 hari. Tim pelatih ini akan dibekali dengan modul standar yang jelas, baik dalam bentuk print-out maupun CD. Dengan modul ini diharapkan dapat membantu tim pelatih menyampaikan substansi program BOS dan kebijakan pendidikan gratis dengan benar.

Pelatihan ini dilakukan secara berjenjang, yaitu di tingkat pusat, tingkat propinsi dan tingkat kabupaten/kota. Sosialisasi ini tidak memungut biaya kepada para peserta. Pelatihan yang diadakan 16-18 April 2009 merupakan pelatihan kepada Tim Pelatih Propinsi untuk region I, yaitu DKI, Jabar, Banten dan Sumatera. Sedangkan untuk region Sulawesi (Region II) akan diadakan tanggal 19-22 April 2009 di Makasar dan Region III untuk propinsi lainnya akan diadakan di Bali pada tanggal 23-26 April 2009. Pelatihan kepada Tim Pelatih Kabupaten/Kota akan diselesaikan pada pertengahan Mei 2009, sedangkan sosialisasi kepada sekolah dan masyarakat diharapkan selesai pada akhir bulan Juni 2009.

Arsip Berita